Senin, 25 Mei 2009

Cara Gampang Belajar Bahasa Inggris

Diposting oleh Nuy di 23.38
Cara Gampang Belajar Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang (khususnya lagi bagi para pelajar kayak gue), Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti. Entah kenapa. Mungkin saja kebanyakan dari kita enggan untuk keluar dari zona nyaman. Ya, kita udah terlalu nyaman dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar kita. Termasuk dalam hal ini adalah bahasanya.

Di sekolah banyak temen-temen yang memilih untuk takut lebih dulu mempelajari bahasa Inggris dibandingkan mengatasi ketakutan itu. Mereka merasa bahasa Inggris adalah monster yang menakutkan. Karena itu, memilih diam adalah jalan yang terbaik menurut mereka(gue juga pernah mikir gitu siih)

Alesan lain yang membuat bahasa Inggris menjadi sesuatu yang nakut1n adalah cara mengajar bahasa Inggris di sekolah yang kurang efektif. Kebanyakan biasanya para guru-guru bahasa Inggris mengajarkan tenses dan grammar lebih dulu kepada para siswa, sebelum siswa itu menyukai bahasa Inggris dulu.

Cara Gampang Belajar Bahasa Inggris
Sebenarnya ini bukan kesalahan guru 100% deh. Soalnya kan guru hanya menjalankan kurikulum yang katanya menjadi panduan kita jika ingin sukses di masa depan. Karena itu, kita sebagai siswalah yang harus lebih kreatif agar suasana belajar Bahasa Inggris ini bisa lebih kondusif bagi kita.Gimana caranya ?

Buang Jauh-Jauh Tenses dan Grammar

Agak ironis memang. Tapi itulah yang harus kamu lakukan pertama. Ciptakan dulu rasa suka pada Bahasa Inggris. Buatlah cara belajar bahasa Inggris kita seperti saat kita belajar bahasa Indonesia sewaktu kita kecil dulu.

Apakah waktu kecil kita memikirkan tata bahasa ? Misalnya kalau mau minta susu, masa’ kita ngucapin kayak gini “Ibu, bolehkah saya meminta susu untuk saya minum ? Saya sedang haus” Hahaha lucu kan kedengarannya.

Nah, sama aja dengan mempelajari bahasa Inggris. Tata bahasa yang baik itu emang perlu, tapi kalau kita belajar bahasa Inggris langsung dengan tata bahasa yang teratur dan baik, akan sama kedengarannya dengan anak kecil yang meminta susu tadi.

Jadi pokoknya kita asal ngomong aja. Tapi ga asal-asal banget. Yang penting orang ngerti apa yang kita sampaikan itu udah cukup kok. Di negara asalnya pun, banyak orang-orang yang berbicara tanpa grammar (tata bahasa) yang bener kok. Jadi ga perlu takut apalagi minder dengan nilai tata bahasa kamu yang jelek. Pede aja lagi.(susssaaaaaaaaaahhh :()

Banyakin Kosa Kata dengan Kartu-Kartu

Nah, kalau ga musingin tenses dan grammar, apa yang sebaiknya kita pelajari dulu..??

Kosa kata (vocabulary). Ini yang paling penting. Karena bagaimanapun pintarnya kita tenses dan grammar, kalau kosa kata kita kurang, ya tetep ga akan bisa ngomong juga. Sebaliknya kalau kosa kata bahasa Inggris kita banyak, walaupun tata bahasa kita ancur, kita tetep bisa ngomong dan orang yang kita ajak ngomong itu akan ngerti.

Tantangannya sekarang adalah, bagaimana cara kita menghapal kata-kata bahasa Inggris yang jumlahnya jutaan atau milyaran itu ya ? Oh ya, asal kamu tahu, sebenarnya dalam 80% pembicaraan menggunakan bahasa Inggris, kita hanya menggunakan lebih kurang 1200 kata aja.(banyak bangetttttttttt.. :D) Itu kata-kata yang umum dipakai.

Jadi kalau kita bisa menghapalkan 1200 kata itu, Insya Allah kita akan bisa berbicara menggunakan bahasa Inggris. Percaya deh. Nah gimana menyiasati agar kita semakin mudah menghapalnya ? Ini dia tipsnya, menggunakan kartu-kartu.
Gampang Belajar Bahasa Inggris
Pertama potonglah kertas (boleh HVS, kuarto, atau karton) seukuran KTP atau kartu nama. Nah tuliskanlah dibagian depan itu kata bahasa inggris yang belum hapal. Nah dibawah kata itu tuliskan juga contoh katanya dalam sebuah kalimat bahasa Inggris.

Kemudian di belakang kartu itu, tulislah artinya dalam bahasa Indonesia (atau bahasa jawa juga bisa, kalau kamu lebih fasih bahasa jawa dibandingkan bahasa Indonesia :) hehe..). Trus dibawahnya tulis juga arti dari kalimat bahasa Inggris yang udah dtulis di depan kartu itu.

Susah nulis kalimatnya ? Gampang kok, cari aja di kamus. Biasanya kamus yang bagus juga langsung menyebutkan penggunaan kata tersebut dalam contoh kalimat. Mungkin kamus itu agak sedikit mahal dibandingkan kamus yang tulisannya “100 Milyar kata Bahasa Inggris - Lengkap !”, tapi investasi kamu ga akan percuma kok. Lebih baik beli 2 kamus sekaligus. Inggris - Indonesia dan Indonesia - Inggris.

Udah jadi ? Cukup 5 kartu aja kok perhari. Ga usah banyak-banyak dulu. Kalau udah bisa ngapal 5 kata aja perhari, trus sebulan bisa hapal 150 kata kan ? Nah dalam 8 bulan udah bisa menghapal 1200 kata. Mudah kan ?

Memang membuat kartu-kartu ini sangat mudah, tapi konsistensi adalah hal yang paling sulit. Karena itu qta harus menekankan di diri kalau mau sungguh-sungguh belajar Bahasa Inggris. Insya Allah langkah akan dimudahkan kok.

Banyakin Baca Blog Berbahasa Inggris

Karena gue blogger dan pembaca blog ini juga rata-rata adalah blogger, jadi gue nganjurin supaya kalian banyak membaca blog-blog berbahasa inggris ajah.(malesss juga sih.. :D)

Biasanya bahasa blog itu lebih mudah dimengerti dibandingkan bila kita membaca artikel bahasa Inggris dalam sebuah majalah, buku ataupun koran. Karena dalam majalah, buku ataupun koran itu, menggunakan bahasa Inggris yang kaku. Ga seperti blog yang menggunakan cara penyampaian seperti orang berbicara.

Nih gue kasih daftar blog yang bagus buat ningkatin kemampuan berbahasa Inggris :
Buat cara belajar yg lebih kreatif

Misal beli beberapa buku pecakapan pelajari temanya masukkan ke komputer kita buat gambar penuh warna yang menggambarkan isi dan situasi percakapan itu usahakan cetak dalam ukuran A4 sisipkan audio nnya untuk kita dengar sambil kita membaca teksnya dan memvisualisasikan situasi dan emosi didalamnya juga musik lembut seperti musik barok yang lembut dan menenramkan hati.

Tujuannnya untuk merilekan pikiran kita agar mencapai tahap gelombng alfa dimana pada gelombang inilah otak kita menjadi sangat reseptif artinya bisa menyerap informasi dengan mudah bisa dipraktekan kapanpun dan diulangi sebelum tidur. Gue yakin jika diterapkan dengan baik hanya dalam waktu 3 bulan bisa menyamai hasil yang diperoleh dengan kursus intensif metode kovensional selam 3,5 tahun.

Cara ini telah dipraktekkan di bulgaria oleh georgi lozanoz yg berhasil secara mengagumkan, rata-ata muridnya mampu menguasai 350 -500 kata dalam waktu satu minggu juga berhasil dengan baik di amerika oleh barzak institute .

Dengan pendekatan baru diatas sebenarnya kita mampu menguasai bahasa asing dengan mudah karena selama ini kita terjebak dalam pendekatan dan paradigma yang salah terutama pelajaran sekolah. Udah dulu aaaaaaah.. moga bermanfaat :)
Cara Gampang Belajar Bahasa Inggris

Belajar Bahasa
Inggris, Inggris belajar, Belajar Inggris, Cara Belajar Inggris, Cara BahasaInggris, Gampang Belajar Bahasa Inggris, Gampang Belajar Inggris

1 komentar:

Apik on 29 Juni 2009 07.00 mengatakan...

aku pernah ngapalin 1000 kosakata terus lupa semua, gimana biar gak mudah lupa?

Posting Komentar

Silakan ngoceh.. ^.^
Yang ngga punya blog juga bisa ngoceh di sini pake alamat email/alamat facebook kalian. =D

Makasih udah mampir ke sini. Jangan bosen mampir ya~

 

Blog Ga Jelass Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting