Sabtu, 21 November 2009

Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer

Diposting oleh Nuy di 01.41
Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer

Baiklah Langsung saja tanpa banyak basa basi, tips sederhana apakah yang saya gunakan untuk menghindari infeksi Virus Komputer. Virus komputer pada dasarnya dapat kita lihat secara kasat mata melalui ciri - ciri yang terlihat melalui nama file, iconnya, type dan extensionnya melalui Windows Explorer. Biasakan membuat tampilan file pada windows Explorer anda dengan view details. Caranya, klik kanan pada sembarang tempat didalam windows Explorer lalu pilih "view" - details"

Ada baiknya juga anda menampilkan "file extension" nya, caranya ada di Folder Option. Contoh untuk Windows XP adalah dengan memilih menu "Tools" - "Folder Option", lalu klil tab "view" dan hilangkan tanda centang pada "Hide Extensions for known file types", lalu klik OK.



Selanjutnya perhatikan setiap file yang anda miliki. Menurut pengalaman saya file yang merupakan file virus biasanya memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut.

1. Menyamarkan diri dengan Icon.

* Virus jenis ini dapat dilihat memiliki icon yang biasanya sangat kita kenal, Contohnya menggunakan icon Word , Exel, Gambar, Video dan lain lain. Dengan menggunakan View details kita akan melihat kejanggalan. Kejanggalan itu biasanya adalah tidak sesuainya antara gambar icon dan "file Type" contoh: icon file adalah icon word tapi file type bertuliskan "Aplication", dan biasanya extensinya .EXE. Jika anda melihat hal semacam ini sebaiknya file tersebut jangan anda eksekusi. Atau lebih baik di hapus saja. Karena bisa jadi file tersebut adalah Virus yang akan menyebar di Komputer anda.

2. File yang tidak pada tempatnya.

* Kali ini anda harus benar benar memperhatikan file Extensi dari file yang anda curigai sebagai virus. Virus macam ini biasanya menyamar sebagai sebuah file yang terlihat sebagai file yang penting semisal, "backup.dll" Setup.exe" "service.js" dan lain lain. ( Extensi yang biasa di tumpangi virus adalah .exe .vbs. js .dll. .scr .bat .inf ) Yang saya maksud tidak pada tempatnya adalah file file yang saya maksud tersebut berada pada folder yang menurut anda tidak sesuai atau bahkan anda merasa tidak pernah membuat atau meng-copy file tersebut. Jika anda menemukan file semacam ini sebaiknya anda waspada, tapi jangan asal hapus, karena bisa jadi file file tersebut memang penting dan berhubungan dengan salah satu software yang anda install.

* Dalam hal ini sebaiknya anda pelajari dengan seksama tipe file dan kegunaan file berdasarkan extensinya ( Saya akan jelaskan tentang type File ini di posting berikutnya )

Baik mungkin untuk sementara itu dulu Tips yang bisa saya berikan, sebenarnya masih banyak tips lain yang akan saya tulis lain waktu. Jika ada tambahan atau masukan atau koreksi saya terima dengan senang hati. Selamat Berkomputer.


Tips Sederhana Menghindari Virus Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan ngoceh.. ^.^
Yang ngga punya blog juga bisa ngoceh di sini pake alamat email/alamat facebook kalian. =D

Makasih udah mampir ke sini. Jangan bosen mampir ya~

 

Blog Ga Jelass Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting