Kamis, 25 November 2010

Korut dan Korsel Memulai Perang Lagi

Diposting oleh Nuy di 02.44

Hiks.. berita dukaaa. Udah tau kan kalau Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) perang lagi setelah selama puluhan tahun perang dingin. Selasa kemarin, tepatnya tanggal 23 November 2010 pukul 14.34 dan 15.10 selama sekitar 20 menit. Korut dan Korsel perang terbuka. Angkatan bersenjata masing-masing, saling tembak di sebuah pulau dekat daerah perbatasan kedua negara tersebut tepatnya di pulau Yeonpyong dan sekitarnya di laut barat Korea Selatan. Baku tembak itu menyebabkan dua orang anggota marinir Korsel tewas dan belasan warga sipil terluka.

Korut dan Korsel Memulai Perang Lagi
Baku tembak itu dimulai ketika Pemerintah Korut memperingati Korsel supaya menghentikan latihan militer di daerah perbatasan itu. Namun, peringatan pemerintah Korut itu ditolak oleh pemerintah Korsel.
Korut dan Korsel Memulai Perang Lagi
Penolakan itu diiringi tindakan militer Korsel yang memuntahkan peluru dari persenjataan artileri mereka ke arah militer Korut. Namun, militer Korut membalas dengan membombardir sebuah pulau kecil bernama Yeongpyeong yang merupakan tempat instalasi militer Korsel dan merupakan tempat pemukiman penduduk dengan jumlah kecil.
Korut dan Korsel Perang Lagi
“Saya pikir saya akan mati,” kata Lee Chun-ok, (54 tahun), seorang warga kepulauan yang mengatakan ia sedang menonton TV di rumahnya ketika penembakan dimulai.

“Tiba-tiba, dinding serta pintu rumah saya roboh dan membuat saya benar-benar takut,” lanjut Lee Chun-Ok.
Korut dan Korsel Perang
Menurut keterangan angkatan bersenjata Korsel, bentrokan senjata tersebut menyababkan dua orang anggota marinir Korsel tewas dan 15 warga sipil lainnya luka-luka. Warga yang tinggal di pulau itu juga dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan korban dari pihak Korut hingga berita ini diturunkan belum diketahui.

Bentokan senjata tersebut membuat militer Korsel menetapkan status siaga tinggi. Karena, bentrokan itu merupakan yang paling mencekam sejak Perang Korea berakhir pada tahun 1950 lalu.

Seperti diketahui, Perang Korea berakhir pada tahun 1950 yang ditandai dengan gencatan senjata, Tetapi, Korut tidak mengakui batas maritim barat yang ditarik secara sepihak oleh PBB pada akhir konflik, dan Korut telah berjuang pada tiga pertempuran berdarah di sana dalam beberapa puluh tahun terakhir.

Akhirnya, Militer Korsel bereaksi tegas terhadap serangan pulau Yeonpyong oleh Korea Utara

Mengenai serangan mendadak Korea Utara hari Selasa, asisten terkemuka kantor kepresidenan Cheongwadae, Hong Sang-pyo mengatakan pihak militer Korea Selatan segera bereaksi terhadap tindakan provokasi Korea Utara, sesuai dengan prinsip operasi militer dalam situasi darurat.

Hong Sang-pyo mengingat bahwa Korea Selatan akan melakukan tindakan balasan secara tegas bilamana Korea Utara melakukan tindakan provokasi selanjutnya.

Korea Utara, pada hari Selasa sekitar pukul 2:30 siang, menembakkan artileri pantai ke pulau Yeonpyong dan sekitarnya di laut barat Korea Selatan .

Markas Gabungan Angkatan Bersenjata Korea JCS di Seoul mengatakan Korea Utara menembakkan ratusan peluru meriam dari pangkalan pantai mereka menuju arah ke pulau Yeonpyong dan sekitarnya di laut barat.

Dan juga, Chengwadae mengutuk keras serangan pulau Yeonpyong oleh Korea Utara.

Mengenai serangan mendadak Korea Utara hari Selasa, asisten terkemuka kantor keperesidean Cheongwadae, Hong Sang-pyo mengatakan pihak militer Korea Selatan segera bereaksi terhadap tindakan provokasi Korea Utara, sesuai dengan prinsip operasi militer dalam situasi darurat.

Hong Sang-pyo menyatakan khususnya tindakan Korea Utara yang menyerang artilerinya terhadap orang sipil secara membabi buta sama sekali tidak bisa ditorelansi.Korut dan Korsel Memulai Perang

Dia mengatakan militer Korea Selatan segera bereaksi terhadap serangan Korea utara berbasis prinsip operasi militer dengan segera.Korut dan Korsel Perang Lagi

Dia juga memperingatkan bahwa Korea Selatan akan melakukan tindakan balasan secara tegas bilamana Korea Utara melakukan tindakan provokasi selanjutnya dan pihak Pyonyang harus bertanggungjawab atas kasus kali ini.Korut dan Korsel Memulai Perang Lagi

Hhh, udah sih ngga usah perang-perangan! Damai ajaaaa sesama sodara jugaa.. =(
Ayo kita berdoa buat mereka, semoga mereka selamat dan sehat-sehat aja.
Oppadeul Suju, SHINee kalian baik-baik ya di sanaa.. #abaikan

Cre : KbsWorld, Afc

8 komentar:

inge / cyber dreamer on 25 November 2010 03.55 mengatakan...

bacanya udah dengan sangat serius sekali... pake banget... karena memang menurutku peperangan takkan menghasilkan apapun selain kesengsaraan yang justru terjadi pada mereka yang tak mengerti apa-apa >.<

tapiiiiiii
kemudian saya njungkel pada kalimat sebelum hastag #abaikan >.<

Corat - Coret [Ria Nugroho] on 25 November 2010 18.00 mengatakan...

haduh sayang bgt harus perang lg dua negara ini
semoga bs segera damai kasian rakyatnya

The Michi on 25 November 2010 20.00 mengatakan...

semalam abis smsan sama son ye jin, untung katanya dia baik baik aja. hehe

The Michi on 25 November 2010 20.02 mengatakan...

semalam abis smsan sama son ye jin, untung katanya dia baik baik aja. heheh..

chikarei on 26 November 2010 17.16 mengatakan...

:i:
sama2 korea padahal pake perang
gx tau deh jadinya gimana entar
kasian sama masyrakat yang gx tau apa2 :j:

Elsa on 27 November 2010 19.53 mengatakan...

sedih banget deh waktu lihat beritanya di TV

semoga yang perang mereka berdua aja deh
negara negara lain gak usah ikutan perang
agar gak jadi worldwar3 gitu

tapi kalo bisa ya, gak usah perang

BABY DIJA on 27 November 2010 19.54 mengatakan...

aduhh kenapa gak damai aja sih yaaa

choirunnangim on 3 Desember 2010 07.50 mengatakan...

semua kan pengen menang sendiri-sendiri...lam kenal...

Posting Komentar

Silakan ngoceh.. ^.^
Yang ngga punya blog juga bisa ngoceh di sini pake alamat email/alamat facebook kalian. =D

Makasih udah mampir ke sini. Jangan bosen mampir ya~

 

Blog Ga Jelass Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting